Monday, September 19, 2016

Tutorial Membuat Topeng Amazing Spiderman 2 Versi 3custompaint


how to make the amazing spiderman 2 mask



"Bisa kirim polanya gan"

"Bahannya dari apa ya?"

"Lensanya bisa ngelihat jelas ga?"

"Bisa di cicil ga gan?"

Demikian pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh beberapa teman-teman dari 3custompaint tentang topeng the amazing spiderman 2, baik itu melalui kontak langsung atau media sosial.

Disini akan kami berikan beberapa penjelasan dan jawaban agar para teman-teman yang masih bingung atau memiliki pertanyaan-pertanyaan yang sama seperti di atas. Secara garis besar topeng yang kami produksi memiliki tingkat kemiripan 95% dengan yang aslinya.

Untuk membuat topeng spiderman, teman-teman sebelumnya harus mempersiapkan beberapa bahan-bahan seperti berikut.

  • bahan kain (teman-teman bisa menggunakan bahan spandek, atau bahan lycra atau kaos yang tidak terpakai lagi, dan yang pasti berwarna merah)
  • busa hati ukuran 2mm atau 3mm (agar tidak terlalu tebal)
  • lensa (bisa menggunakan kaca helm anak-anak atau dengan menggunakan lensa pada kacamata yang sesuai)
  • lem
  • gunting
  • Kapur jahit atau crayon berwarna putih
  • Bahan kulit warna hitam atau cat semprot (untuk melapisi frame lensa, tergantung kreatifitas) 
  • pola / pattern topeng (bisa teman-teman download di forum-forum yang membahas tentang cosplay)
  • Puffy paint (kami mendapatkannya di ebay)
  • mesin jahit
  • manekin bagian kepala (jika ada).
  • Printer 

Hal pertama yang teman-teman harus lakukan adalah mencari atau mendownload jenis pola topeng yang di inginkan dan mengeprintnya dengan ukuran sesuai wajah atau kepala kalian. setelah itu gunting kain sesuai dengan pola yang sudah di cetak.

Untuk bahan sebenarnya kalian bisa memanfaatkan kaos atau tshirt kalian yang berwarna merah, dan yang pastinya sudah tidak terpakai.

Kemudian kain yang kalian potong dengan bentuk pola tersebut, kalian jahit bisa dengan menggunakan mesin jahit, atau jika tidak ada kalian bisa memakai jasa penjahit di sekitar rumah kalian. Jangan lupa untuk membuatkan retsleting pada bagian belakang, untung memudahkan memakainya.
the amazing spiderman 2 mask


the amazing spiderman 2 mask
the amazing spiderman 2 mask

Dalam hal ini kami anggap kalian sudah selesai menjahitnya, kemudian kalian membuat faceshell atau pelapis wajah, dimana hal ini ditujukan agar bentuk topeng lebih fleksibel dan tidak langsung berbentuk wajah pemakai, karena bisa berbentuk aneh nantinya.

Untuk pola faceshell bisa kalian dapatkan pada forum atau blogger luar negeri seperti dali-lomo, 

berikut contoh faceshell yang kami buat.

the amazing spiderman 2 mask


Proses selanjutnya adalah penggabungan kain dari pola yang kalian jahit dengan faceshell, disini kami menggunakan lem untuk menggabungkan keduanya, yaitu dengan memberi lem pada faceshell dan menempelkannya di bagian dalam jahitan tadi. sebelum di lem jangan lupa untuk memberi lubang pada bagian mata agar posisi faceshell pas, tidak terlalu kekiri atau kekanan.

the amazing spiderman 2 mask


the amazing spiderman 2 mask

Sementara kita menunggu kering setelah kalian merekatkan keduanya, kita membuat frame untuk bagian mata luarnya, untuk lensa kami menggunakan kaca untuk helm bisa kalian dapatkan di toko aksesoris helm, atau jika mudahnya kalian bisa mengakalinya dengan menggunakan lensa pada kacamata yang di jual di pinggir jalan.

Untuk membuat frame atau pinggiran lensa kami menggunakan busa hati dan bisa kalian ukur berdasarkan ukuran faceshell, tetapi biasanya ketika kalian mendownload pola faceshell akan disertakan pola frame untuk lensanya.

frame for amazing spiderman 2 mask

Untuk memberikan kesan mengkilap, kalian bisa mewarnainya dengan cat semprot yang sebelumnya bisa kalian lapisi dengan aquaproof, atau bisa juga kalian melapisinya dengan bahan kulit mengkilap berwarna hitam. Setelah kering kalian menempelkan frame dengan lensa menggunakan lem yang sudah dipersiapkan dan sesuai dengan ukuran frame.

Setelah semua kering, kalian gabungkan antara frame lensa dengan faceshell yang tadi kalian pasang dengan jahitan, garis besarnya akan tampak seperti gamber berikut :

hasil pemasangan faceshell dengan lensa

Setelah semuanya selesai, saatnya kalian membuat pola garis untuk membuat motif jaring pada topeng spiderman, membuat motif gunakan kapur jahit atau crayon berwarna putih, motifnya bisa kalian lihat berdasarkan gambar aslinya atau dengan sedikit kreasi.
Kemudian setelah motif selesai, saatnya menebalkan motifnya dengan teknik puffy paint, disini kami membeli puffy paint pada ebay seharga kurang lebih $6.00 atau jika dengan kurs rupiah sekitar 70ribuan.


Berikut contoh hasil akhir dari topeng amazing spiderman 2 versi 3custompaint.

the amazing spiderman 2 mask

the amazing spiderman 2 mask


the amazing spiderman 2 mask

the amazing spiderman 2 mask

Jika diantara teman-teman masih ada yang belum jelas, kalian bisa melayangkan melalui kolom komentar di bawah. Sebisa mungkin kami akan membantu menjawabnya.

Kami mohon maaf jika ada kata atau ucapan yang salah, dan kami ucapkan terima kasih sebelum dan sesudahnya.

Salam sukses.






4 comments:

  1. Min bagian putih di lensanya itu pakai apa ya ?

    ReplyDelete
  2. Apakah bisa sy pesan topeng Spiderman di sini..? Mw di pake tuk promosi jualan nih
    Kalo bisa brp ya harganya
    Apa juga bisa pesan dgn bajunya

    ReplyDelete
  3. Kalau buat sndri soalnya banyak kendala, mungkin bisa pesan di sini, kalo bisa harganya brp, misal dgn kostumnya juga brp..? Harganya

    ReplyDelete
  4. Min harganya brp kalo pesen? balesnya min hehe

    ReplyDelete